Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday, July 17, 2013

 

 Sudah banyak ragam jenis layar yang digunakan pada suatu ponsel. Pada era sebelumnya ponsel-ponsel hanya terdapat 2 kategori layar yaitu layar monokrom dan layar berwarna. Seperti diketahui layar monokrom hanya menampilkan layar hitam putih tanpa efek warna. Layar warna hanya menampilkan bentuk alfanumerik dan grafis dengan ukuran yang konstan.

       Layar berjenis CSTN dan STN adalah teknologi layar generasi awal hingga ke generasi terkini yang memeiliki kacangihan teknologi semisal AMOLED, Super AMOLED dan lain lain. Terdapat dua jenis layar touchscreen - kapasitif dan resistif, yang keduanya berbasiskan teknologi TFT.

      Layar jenis CSTN Colour Super Twisted Nematic adalah suatu bentuk pasif matrikswarna LCD, yang dikembangkan oleh Sharp Electronics. Jenis teknologi layar ini menggunakan filter warna merah, hijau dan biru untuk menampilkan suatu warna. Layar jenis STN Super Twisted Nematic  merupakan jenis layar LCD monokrom.

        Teknologi layar TFT Thin Film Transistor adalah salah satu jenis teknlogi LCD terbaik dalam hal kualitas gambar dan waktu respon. Namun, layar jenis ini membutuhkan lebih banyak daya dan lebih mahal. Teknologi layar jenis TFT dapat meningkatkan kualitas gambar. TFT LCD merupakan salah satu jenis LCD matriks aktif. Teknologi layar TFT LCD banyak digunakan untuk layar televisi, ponsel, sistem navigasi, proyektor dan lain - lain.

0 comments:

Post a Comment